mee!!

pendahuluan@@

Rabu, 27 November 2013

Abdullah bin Amar R.a Membakar Kainnya

Abdullah bin Amr r.a. berkata, “Dalam suatu perjalanan, kami menemui Rasulullah saw.. Pada saat itu saya menemui beliu dengan mengenakan pakaian berwarna kuning muda, kemudian Rasulullah saw bersabda, “Mengapa engkau memakai pakaian seperti itu?” saya merasa Rasulullah saw.  tidak senang dengan pakaian itu. Akhirnya saya pun pulang. Membakar kain yang saya pakai itu. Pada keesokan harinya, saya kembali menemui rasulullah saw. nabi saw. bersabda,”Di manakah pakaianmu itu?” saya pun menceritakan tentang apa yang saya lakukan kemarin terhadap kain itu. Kemudian Rasulullah saw, bersabda lagi,” Bukankan engkau dapat memberikannya kepada ahli keluargamu? Kaum wanita diperbolehkan mengenakan pakaian yang berwarna seperti itu.”
Hikmah : Walaupun membakar kain itu tidak seharusnya dilakukan, tetapi Ibnu Amr r.a merasa berat dengan ketidaksukaan Rasulullah saw. terhadap kain yang dibakarnya itu. Sehingga tanpa pikir panjang, ia langsung membakar kain itu. Seandainya kita yang mengalami hal itu, kita tidak akan sanggup berbuat seperti itu. Seandainya kita yang mengalami hali itu, kita tidak akan sanggup berbuat seperti itu. Kita akan mencari alasan untuk mempertahankan kain itu, paling tidak kita akan berpikir:” Bukankan rasullulah saw. hanya menegur saja? Seandainya saya meminta izin, pasti akan diizinkan, karena beliau hanya bertanya, bukan melarang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar