mee!!

pendahuluan@@

Sabtu, 28 Desember 2013

Ibnu Abbas R.a Tidak memperdulikan Matanya yang Sakit Karena Mementingkan Shalat

Ibnu Abbas R.a Tidak memperdulikan Matanya yang Sakit Karena Mementingkan Shalat

                Suatu ketika Abdullah bin Abbas r.a pernah terkena sakit mata, yaitu dari kedua matanya selalu keluar air. seorang tabib mata yang datang kepadanya berkata, “ izinkanlah aku mengobati matamu, selama lima hari hendaknya engkau tidaj bersujud diatas tanah, tetapi harus diatas kayu yang ditinggikan.”
                Ibnu Abbas r.a menjawab, “Sekali-kali itu tidak akan terjadi. Demi Allah satu rakaat pun aku tidak akan mengerjakan shalat seperti ini. Aku teringat sabda Rasulullah saw., Orang yang dengan sengaja meninggalkan satu shalat saja , maka ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan Allah murka kepadanya.” (Durrul Mantsur)
                Hikmah : Telah kita ketahui, bahwa jika dalam keadaan darurat (udzur) islam memberi keringanan dalam mengerjakan ibadah dan hal ini tidak termasuk melalaikan shalat. Namun ketawajjuhan para sahabat terhadap shalat begitu tinggi dan mereka lebih mementingkan amalan yang sesuai dengan contoh rasulullah saw., oleh karena itulah Ibnu Abbas r.a tidak bersedia sakit matanya diobati oleh tabib itu jika harus meninggalkan cara shalat yang dicontohkan oleh Rasulullah saw., karena para sahabat berani mengorbankan seluruhnya miliknya demi satu shalat saja.

                Sedangkan keadaan kita sekarang, tanpa rasa malu selalu mencari-cari alasan agar dapat memperoleh keringanan dalam mengerjakan shalat. Dengan mudahnya kita mengungkapkan alasan yang sesuai dengan keinginan kita. Padahal mareka tidak menyadari bahwa kelak ketika mereka dihadapkan dipadang mahsyar, mereka mengetahui hakikat dari perkataannya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar