mee!!

pendahuluan@@

Sabtu, 28 Desember 2013

Nabi SAW. Membaca Enam Juz al-Quran dalam Empat Shalat

Nabi SAW. Membaca Enam Juz al-Quran dalam Empat Shalat

Auf r.a bercerita, “Pada suatu ketika aku pernah berdua bersama Nabi saw.. Setelah bersiwak(menggosok gigi) dan berwudhu, beliau pun berdiri untuk mengerjakan shalat, aku pun ikut shalat bersama beliau. Pada rakaat pertama beliau membaca surat al-Baqarah. Beliau akan memohon rahmat Allah apabila menemukan ayat-ayat mengenai nikmat dan karunia Allah, dan akan memohon ampunan dan perlindungan apabila menemukan ayat tentang adzab Allah. Ruku dan sujud yang dilakukan beliau sama lamanya dengan qiyam(berdirinya).
Setelah itu beliau berdiri untuk rakaat kedua, pada rakaat ini Nabi saw. membaca surat Ali imran. Demikian seterusnya, beliau membaca satu surat pada setiap rakaat. Jadi dalam empat rakaat, beliau telah membaca empat surat yang berarti sama dengan seperlima al-Quran. Bisa dibayangkan, betapa lamanya shalat yang dilakukan Nabi saw., terlebih jika ditambah dengan doa beliau yang  panjang setiap menjumpai ayat rahmat dan ayat adzab, dan ruku serta sujud beliau yang panjang pula.
Suatu ketika Hudzaifah r.a mengerjakan shalat nafil bersama Rasulullah saw.. Ia berkata, “Dalam empat rakaat shalatnya, Rasulullah membaca empat surat, yaitu dari surat al-Baqarah sampai al-Maidah.”
                Hikmah : Nabi saw,. telah membac empat  surat dalam emapt rakaat shalat beliau, yaitu surat al-Baqarah sampai surat al-Maidah. Sedangkah kebiasaan Rasulullah saw. dalam membaca al-Quran, beliau selalu membacanya dengan tajwid dan tartil, seperti disebutkan dalam banyak hadits. Ditambah lagi jika ada ayat rahmat beliau berhenti untuk berdoa mohon rahmat dan jika menemukan ayat adzab, beliau juga berdoa mohon perlindungan. Begitu juga dalam mengerjakan ruku dan sujud, beliau mengerjakannya sama panjang dengan qiyamnya, jadi dapat kita bayangkan betapa lama dan panjangnya empat rakaat Rasulullah saw. ini dan berapa jam waktu yang dibutuhkan.

                Suatu ketika Rasulullah saw. pernah membaca tiga surat yaitu al-Baqarah, Ali imran dan al-Maidah dalm satu rakaat shalat. Apabila dihitung, surat-surat itu kurang lebih berjumlah lima juz al-Quran. Hal ini bisa terjadi apabila kita merasa tenang ketika melaksanakan shalat, dan shalat telah menjadi penyejuk mata kita. Rasulullah saw. bersabda, “ Shalat adalah penyejuk mataku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar