mee!!

pendahuluan@@

Minggu, 19 Januari 2014

Mengorbankan Harta Dalam Keadaan Memerlukan Harta Itu



Mengorbankan Harta Dalam Keadaan Memerlukan Harta Itu

                Dikeluarkan oleh ibnu Jarir dari Sahl r.a katanya: Seorang wanita datang menemui Rasulullah saw dengan pakaian Burdahnya (Kain selimpang) yang dibuat dari bulu yang berkait ditepinya. Wanita itu berkata kepada Rasulullah saw., “Ya Rasulullah! Aku datang kepadamu dengan memakai pakaian ini.”
                Rasulullah saw., pun mengambil burdah itu karena baginda saw., pun memerlukannya lalu memakainya. Seorang lelaki di antara sahabatnya melihatnya memakai burdah itu dan berkata, “ Ya Rasulullah ! Alangkah bagusnya , biarlah aku memakainya.”
                Rasulullah saw., pun bersabda ,”YA”
                Ketika baginda saw., meninggalkan mereka, sahabat-sahabat lelaki itu telah mencacinya, “ kamu mengambil kesempatan, ketika kamu melihat Rasulullah saw., memakainya karena baginda saw., memelukannya, kamu juga memintanya diberikan kepadamu dan kamu sudah mengetahui bahwa sifat Rasulullah saw., jika seseorang meminta sesuatu darinya, baginda akan memberikannya.”
                Lelaki Anshar itu berkata, “ Demi Allah! Tidaklah ada satu pun yang mendorongku melakukan yang sedemikian itu, kecuali karena aku telah meliah Rasulullah saw. Memakainya lalu aku meminta darinya agar mendapat keberkahan dan semoga aku akan dikafani dengannya.”
                Dalam riwayat Ibu Jarir juga dari sahl r.a katanya: Suatu ketika sehelai pakaian telah dijait untuk Rasulullah saw. berupa kain selimpang yang dibuat dari kain bulu yang berwarna hitam dan bagian tepinya berwarna putih. Rasulullah saw., pun keluar menemui sahabat-sahabatnya dan baginda memukul tangannya di atas pahanya sambil berkata, “ Apakah kamu tidak melihat kearah kain ini , alangkah bagusnya.”
                Seorang Arab Badwi berkata,” ibu dan bapaku sebagai tebusan ya Rasulullah! Hadirkanlah kepadaku.”
                Sudah menjadi kebiasaan Rasulullah saw., tidak akan menolak permintaan orang lain, maka beliau menghadirkannya kepada lelaki Arab Badwi itu. Rasulullah saw. meminta dibawakan kepadanya dua helai pakaian lamanya lalu memakai kedua-duanya dan memerintahka disediakan untuknya kain yang sama yang telah diberikan kepada lelaki Badwi itu tetapi tidak sempat memakainya sampai beliau walfat, sedangkan pakaian itu masih berada di tukan tenun. (Kanzul Ummal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar